Blender memiliki beberapa jenis lighting. Diantaranya adalah Lamp, Sun, dan lain sebagainya. Praktikum kali ini akan menjelaskan linghting dengan menggunakan “lamp”. Masing2 jenis lighting dapat di atur nilai propertiesnya seperti nilai Energy yg menunjukkan kuat/lemahnya intensitas cahaya dari sumbernya tersebut dimana nilai defaultnya adalah 1. Perubahan nilai intensitas ini dapat dilihat dari kotak preview disampingnya.
Hasil Render:
Render dengan jenis lighting Area.
Render dengan jenis lighting spot.
Render dengan jenis lighting sun.
Render dengan jenis lighting Hemi (hemisphere).
Dibawah properties energy dan RGB, terdapat sebuah box yang berwarna putih. Box itu merupakan menu untuk mengganti warna cahaya.
Tampilan render dibawah adalah contoh hasil yg didapat apabila warna cahaya tersebut diganti menjadi warna kuning.
Dibawah ini merupakan hasil render setelah mengganti properti warna bayangan.
Cahaya juga dapat diberikan tekstur. Caranya sama seperti dengan menambahkan texture pada objek2 lainnya seperti dibawah ini.
Dibawah adalah hasil render cube dengan ligthing yang diberikan tekstur bata.
Pada gambar di atas, lingkup bayangan yang akan diperbesar (SpotBi). Tampak pada tampilan previewnya bahwa ada lingkaran didalam lingkup lightingnya mengecil/membesar tergantung nilai SpotBi yang diberikan.
Tutorial Lighting in Blender ini akan berlanjut ke kesini